Langsung ke konten utama

Sabar dan Syukur

"Hanya ada dua sikap saja dalam menghadapi kehidupan ini yaitu sabar dan syukur"

 

Bersyukur mah, menurut gue, gue udah lumayan bersyukur atas apapun yang terjadi di idup gue lah. Tapi,  di gue, kayaknya sabar adalah sesuatu yang amat sulit gue lakukan, bukan sifat bawaan gue.

Untuk berbagai hal yang bisa 'diupayakan' kesegeraan terlaksananya atau tercapainya, gue biasanya akan meng katalisasi hal tersebut.

Seperti contoh, supaya cepet, gue akan nyiapin ongkos sebelum tiba waktunya gue turun dari angkot. Dan oleh sebab itu, gue sebel banget sama orang yang baru buka dompet pas turun. Grmmppfhh

Sebisa mungkin melakukan dua atau lebih hal yang bisa dilakukan bersamaan. Seperti kalo lagi mandi, gue pake shampo dulu trus sambil menunggu shampo-nya bekerja, gue sikatan, kalo masih kurang karena keisengan gue juga suka sikat kamar mandinya (ga pake sikat gigi gue lho).

Kalo pagi mau ke kantor, sambil milih baju, gue nyalain dulu setrikaan, jadi pas bajunya dapet, setrikaannya dah panas.

Pernah pindah sekolah ke SD yang bisa meluluskan dalam waktu 5 taun. Gue pindah pas kelas 5, dengan harapan, di ujung kelas 5, gue bisa ikutan ebtanas.

Tapi pas gue pindah ke SD tersebut, peraturannya waktu itu ternyata berubah, jadilah gue tetep menyelesaikan sd gue dalam waktu 6 taun.

Kalo ngerjain apa-apa maunya cepet ajah...nyelesein ujian, kalo ga bisa ya udah, keluar aja, dari pada bete di dalem.

Dan secara ga sadar, gue juga forcing everybody nearby buat act as i do.

Itu baru gue sadarin akhir taun 2000, pas kelas personal development, kita masing-masing musti kasih penilaian terhadap teman yang lain.

Untung sekelas cuma 8 orang, kebayang kalo kayak jaman sd, 30 anak!

Dan satu temen gue menuliskan "Ayu itu orangnya ga sabaran, apa-apa maunya cepet"

Penilaian itu dilakukan cuma 1 bulan dari kami-seluruh anggota kelas itu- pertama kali  ketemu. Entah dianya yang deep explorer, ga tau sifat ga sabaran guenya yang obvious banget.

Awalnya gue ngerasa itu dah default gue, jadi sulit banget (dulu gue bilang) bahkan ga mungkin buat diubah.

Belakangan gue melakukan perenungan (halah) dan coba menganalisa dengan harapan bisa merubahnya.

Apalagi gue juga pernah denger sebuah kalimat "ketergesa-gesaan berasal dari syaithan "

Gue pengen banget merubahnya. 

Tapi sebenernya, gue sudah dapet banyak pembelajaran soal bersabar untuk hal-hal yang ga bisa kita ubah alias hal-hal yang sudah jadi ketetapan Yang Maha Kuasa. Bahwa gue kudu menerima beberapa hal di saat yang tepat menurut Allah, dan bukan menurut keinginan gue.

Beberapa hal itu adalah :

1. Kerja

Sebagai anggota  gank WM (Wisma Melati) yang pindah ke gank BN (Baytun Nisaa) , dari 8 orang yang kost bareng di BN itu, gue yang paling terakhir dapet kerja.

Pas awal lulus, hampir tiap kali ada kesempatan interview di Jakarta, maka ke delapan orang ini bakal dateng ke tempat interview bareng-bareng. Dan satu persatu semua dapet kerjaan, sementara gue tetep aja nganggur. Asal tau aja, taun itu, gue nyari kerja dengan menjelajah 5 bagian wilayah DKI Jakarta, Bandung, Cibitung, Cikarang, Cikande de el el. Ga ada yang nyangkut.

Akhirnya setelah semua kerja, gue dapet sih kerja juga tapi ga ada yang seru.

Pertama gue diterima kerja di ujuuuuung Jakarta bagian barat yang sbenernya malah udah masuk tangerang kali yee. Di perusahaan penghasil minuman bersoda. Gue kerja cuma tahan 2 hari. Gila tu perusahaan ancur banget. Perusahaan keluarga sih, jadi yah tau sendiri lah. Mana pula gue kudu jalan dari rumah uwak yang di pedati jam 5.30 pagi supaya bisa masuk laboratorium jam 7.30. Sinting kan?

Dah gitu saking desperatenya gue terima kerja di lab nya poltek sebuah pondok pesantren di ujung Ciampea sana. Gaji? 75rb saja! Cuma tahan 6 bulan sih, dan Alhamdulillah, penantian dan kesabaran itu berbuah manis, gue dah kerja di tempat yang jauh lebih baik dari tempat-tempat sebelumnya....

 

2. Jodoh

Kalo ini mah, biar pake cara apa juga, ga bakal dapet kalo emang bukan 'jatahnya' kan?!

Meskipun dari gank WM yang ber 8 itu tinggal 2 orang termasuk gue yang belum ketemu jodoh. Sepenuhnya gue sadar ada hal-hal yang ga bisa diubah.Dan satu-satunya jalan buat menghadapinya tinggal sabar dan syukur kan? plus terus berdoa biar dikasih yang terbaik, yang membawa gue dan keluarga ke kehidupan yang lebih baik kali yee.

tentang kapannya, pasti dateng di saat dan keadaan yang tepat kan

 

Apa lagi yah? ada yang mau nambahin?

 

Photo diunduh dari : www.photobucket.com

Komentar

  1. hahaha...bagian yang "pindah SD" itu lucu pisan..:D...

    BalasHapus
  2. "Artinya : Alangkah mengagumkan kondisi seorang mu'min; seluruh perkaranya adalah kebaikan. Jika dia mendapatkan nikmat, bersyukur, dan itu adalah merupakan kebaikan baginya. Dan jika dia tertimpa musibah, bersabar, itupun merupakan kebaikan baginya". [HR Muslim]

    BalasHapus
  3. Hmmm.....aku menilainya dari crtmu, klo dr brgaul mngkin beda mngkn jg nggak. Kau tipe wanita hebat, bukan gak sabaran, melainkan efective dan efisien, (pilih topi yg kebesran kemarin ya hehehe). Aku sarankan, bwt tmn - tmn co jomblo ni ada calon ibu RT yang baik dan bijak, gak salh deh. tapi awas klo di madu gw kgk terima. kau jg neng, jgn mau klo di madu apapun alasannya. Selamat bwtmu.

    BalasHapus
  4. iya, tau tuh bokap ku, kenapa juga pengen akunya cepet lulus sd.
    Untung ga jadi, soalnya kelas 6 itu menyenangkan banget!

    BalasHapus
  5. Mudah-mudahan kita semua selalu masuk ke dalam golongan orang-orang mu'min..Amien

    BalasHapus
  6. Hihihi, makasih ya, jadi mm..enak nih di promosiin...ga lah
    jauh banget tuh dari bijak...tapi mudah2an masih bisa diperbaiki deh yang kurang-kurangnya....(^_^)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips-tips ikut Medical Check Up buat Muslimah berkerudung

Sabtu kemarin, gue kebagian 'melaksanakan' General Medical Check Up dari kantor di sebuah RS rujukan di deket-deket kantor juga . Secara gue pake kerudung, gue agak was was juga soal pelaksanaanya. Kan masih ada juga yang mempermasalahkan dan ga mau tau soal peserta yang berkerudung. Untuk itu, gue tanya-tanya ke temen-temen yang udah duluan ambil jatahnya. Maka gue siap dengan gamis kaos yang disambung bahan jeans yang lebar, jadi agak selesa (-bahasa nya Datin Siti Nurhaliza nih-) dipake buat lari-lari di treadmill, running shoes dan kerudung ganti, in case aja sih. Tapi ternyata, bukan di bagian treadmill masalahnya, justru di foto thorax yang ribet. Si Bapaknya maksa, supaya kerudungnya di buka aja, soalnya kerudung gue mengandung peniti-peniti. Gue ngerti, dan gue udah menyiasatinya dengan menarik juntaian kerudung berpeniti itu ke leher gue, kan leher gue ga ikutan di photo kan? thorax itu bagian dada aja kan? yang bakal diobserve kira-kiranya paru-paru dan organ lainnya

[Recipe] Lahm Mugalgal

Yup, gara-gara idul adha kemarin dapet kiriman sedikiiiit daging kambing lean dari tetangga depan, jadi deh mraktekin resep yang di dapet dari acara Buletin Siang. Tentu pake acara modifikasi secara itu hari libur, males belanja tambahan bumbu, pake yang ada ajah. Sederhana banget, ya bahannya ya caranya, tapi rasanya cukup enak kata gue, calon bapak plus calon mbah, hehe.. Bahan : Daging kambing, iris tipis Bawang Bombay, iris tipis memanjang Tomat, iris tipis memanjang Cabe ijo (aslinya pake Paprika Hijau), iris tipis memanjang Bumbu : Bawang Putih, geprek, cincang halus Bubuk Kari Bubuk Jintan Bubuk Merica Hitam Garam Gula dikiit Minyak Sayur Dikit untuk menumis. Cara membuat : Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum. Masukkan daging kambing, oseng-oseng sampai daging matang. Masukan bumbu-bumbu secukupnya. Test rasa, kalo ada yang kurang, silakan tambahkan to taste. Terakhir saat semua sdh pas, masukkan irisan tomat dan cabe hijau. Aduk-aduk sebentar. Siap dihidangkan b

Hidroponik - Cara Melubangi Styrofoam

Pernah lihat styrobox untuk tempat ber-hidroponik-ria kan? Awal membuat lubang-lubang seukuran netpot itu saya gunakan pisau roti yang ujungnya tajam dan bergerigi. Tapi selain lama, koq ya tidak rapi. Lihat punya teman-teman koq mulus tepi lubangnya. Alhamdulillah ada yang sudah sharing di group komunitas hidroponik yang saya ikuti. Bahannya ternyata cukup kawat dan kayu saja. Jadi step nya sbb : 1. Kawat dibuat lingkaran sesuai diameter yang diinginkan 2. Belitkan sisa kawat pada batang kayu (saya pake sumpit bambu sekali pakai), gunanya supaya tidak membuat tangan melepuh saat dipanaskan ^_^ 3. Beri tanda pada tutup styro box lokasi pelubangan 4. Panaskan lingkaran kawat tadi pada kompor, hingga terlihat merah. 5. Langsung tekan pada styrobox sesuai pola. 6. Tada..lubang lebih rapi dan hanya perlu hitungan detik :) Untuk mendapatkan gambaran jelas, monggo dilihat saja gambarnya :) Selamat mencoba...