Langsung ke konten utama

Laksa istimewa di lokasi Demo Favorit


Ada yang suka makanan berkuah santan? Berani makan makanan pinggir jalan? Kalo iya, mungkin cocok dengan informasi gue berikut.
Di suatu pagi yang cerah menjelang Ramadhan kemarin, gue ikutan acara
Tarhib (Welcoming/Menyongsong ) Ramadhan yang mengambil rute Monas Parkir Barat-Bunderan HI.
Pesertanya banyak ragam. Dewasa, anak-anak plus infants alias babies ikutan berpartisipasi, dengan kostum lucu-lucu. Gue sendiri,  memperkuat (ceile) barisan 'kavaleri' dengan Kirana gue, sekalian menyisir jalan barangkali ada ibu-ibu yang kecapekan jalan. Anyway busway (eh beneran lo, gue jalan di sebelah jalur busway) sampailah kita di tujuan, yaitu di lokasi demonstrasi terfavorit , ya bunderan HI tadi. Secara emang niatnya pawai, jalur - yang kalo gue lagi pengen ngebut - paling cuma ditempuh dalam 5-10 menitan, makan waktu 30-45 menit. Sambil dengerin orasi dari panggung, temen gue yang belum sarapan nyolek-nyolek gue ngajak cari makanan. Berhubung hari masih lumayan pagi,sekitar jam 10an, gue bilang, mau sarapan di mana? Kaya Kun Toast di EX kesukaan gue aja  paling baru beberes mau buka. Dia nunjuk satu gerobak sederhana  di pinggiran jalan di belakang kedubes Inggris, bertuliskan Laksa Bogor. Singkat cerita, gue berdua temen gue, nyari  empat strategis, dan mesen dua mangkok laksa. Perasaan gue rada aneh sih secara, mayoritas pembelinya adalah bapak-bapak termasuk security Hotel Nikko deket situ. Tapi what the heck lah, perut temen gue ga bisa diajak kompromi. Gue sendiri sebenernya rada trauma sama yang namanya Laksa. Secara waktu kecil dulu, gue pernah nyoba laksa yang menurut gue,  rasanya kayak kuah santan yang dicemplungin serbet kotor.
Yuuuck! Tapi sekali lagi, demi temen gue, gue berani beraniin aja. Anggap aja lagi ikut Fear Factor, edisi makanan yang traumatic

Dan ga berapa lama datenglah dua mangkok (cap gambar ayam itu lho) laksa bogor itu.
Rada takjub juga liat porsinya yang emang standar cowo, setumbra!
Gue liatin tampangnya sih standar lah. Potongan lontong, sejumput bihun, sejumput taoge, daun kucai, bawang goreng dan sekotak besar tahu-tanpa-di-goreng- kuning yang berenang-renang di kuah santan warna kuning. Oia, ga lupa ada topping beberapa lembar daun kemangi. Sendokan pertama gue, huhuhu, terbayar sudah keberanian plus
kenekatan gue, bener deh, enak bangeed.

Kuahnya cukup kental tapi ga enek, tahunya kenyal fresh (ini karena formalin bukan
ya? =( ), dan lontongnya kata gue mah ibarat pasta tuh,  al dente!
Buat semangkok one dish meal, 5000 perak adalah harga yang sangat pantas buat a heaven in a bowl.

FYI, lidah gue jarang banget mengalami distorsi dalam mengenali rasa. Kalo kebanyakan orang akan merasa makanan jadi lebih enak kalo lagi laper, gue mah, rasa masih akan
gue kenali either gak enak, lumayan, enak,  enak banget and prima!. Bedanya kalo gue lapar, maka porsinya lah yang bakal berlipat.

So, buat temen-temen yang kebetulan lewat jalan H. Agus Salim, ato kebetulan abis demo di HI, percaya deh, it's worth to try..!


Karena ga  sempat moto, secara ga expect kalo ternyata enak banget, terpaksa Foto diculik dari...
href="http://www.shisso.org/archives/2005_01.html">http://www.shisso.org/archives/2005_01.html

Komentar

  1. enak gitu Yu'? duh aku kok gak doyan laksa ya...

    BalasHapus
  2. ingke..... mau dunk jalan ama kamu.... kapan2 ya ketemuan and icip2 bareng klo dah balik ke indo heheheha

    BalasHapus
  3. Ga doyannya karena apa mbak, kalo pernah nyium bau aneh kayak aku,percaya deh, yan ini mah ga ada...ntar ya kalo dah pulang, kita coba
    ehm, emang ada niat pulang? yakin ga kecantol di Reutlingen? =D

    BalasHapus
  4. Haik Juli San, tapi naik motor loh ya? Udah tau belum kondisi trafic Jakarta belakangan ini?
    Motor is the best choice deh..hehehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips-tips ikut Medical Check Up buat Muslimah berkerudung

Sabtu kemarin, gue kebagian 'melaksanakan' General Medical Check Up dari kantor di sebuah RS rujukan di deket-deket kantor juga . Secara gue pake kerudung, gue agak was was juga soal pelaksanaanya. Kan masih ada juga yang mempermasalahkan dan ga mau tau soal peserta yang berkerudung. Untuk itu, gue tanya-tanya ke temen-temen yang udah duluan ambil jatahnya. Maka gue siap dengan gamis kaos yang disambung bahan jeans yang lebar, jadi agak selesa (-bahasa nya Datin Siti Nurhaliza nih-) dipake buat lari-lari di treadmill, running shoes dan kerudung ganti, in case aja sih. Tapi ternyata, bukan di bagian treadmill masalahnya, justru di foto thorax yang ribet. Si Bapaknya maksa, supaya kerudungnya di buka aja, soalnya kerudung gue mengandung peniti-peniti. Gue ngerti, dan gue udah menyiasatinya dengan menarik juntaian kerudung berpeniti itu ke leher gue, kan leher gue ga ikutan di photo kan? thorax itu bagian dada aja kan? yang bakal diobserve kira-kiranya paru-paru dan organ lainnya

[Recipe] Lahm Mugalgal

Yup, gara-gara idul adha kemarin dapet kiriman sedikiiiit daging kambing lean dari tetangga depan, jadi deh mraktekin resep yang di dapet dari acara Buletin Siang. Tentu pake acara modifikasi secara itu hari libur, males belanja tambahan bumbu, pake yang ada ajah. Sederhana banget, ya bahannya ya caranya, tapi rasanya cukup enak kata gue, calon bapak plus calon mbah, hehe.. Bahan : Daging kambing, iris tipis Bawang Bombay, iris tipis memanjang Tomat, iris tipis memanjang Cabe ijo (aslinya pake Paprika Hijau), iris tipis memanjang Bumbu : Bawang Putih, geprek, cincang halus Bubuk Kari Bubuk Jintan Bubuk Merica Hitam Garam Gula dikiit Minyak Sayur Dikit untuk menumis. Cara membuat : Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum. Masukkan daging kambing, oseng-oseng sampai daging matang. Masukan bumbu-bumbu secukupnya. Test rasa, kalo ada yang kurang, silakan tambahkan to taste. Terakhir saat semua sdh pas, masukkan irisan tomat dan cabe hijau. Aduk-aduk sebentar. Siap dihidangkan b

Hidroponik - Cara Melubangi Styrofoam

Pernah lihat styrobox untuk tempat ber-hidroponik-ria kan? Awal membuat lubang-lubang seukuran netpot itu saya gunakan pisau roti yang ujungnya tajam dan bergerigi. Tapi selain lama, koq ya tidak rapi. Lihat punya teman-teman koq mulus tepi lubangnya. Alhamdulillah ada yang sudah sharing di group komunitas hidroponik yang saya ikuti. Bahannya ternyata cukup kawat dan kayu saja. Jadi step nya sbb : 1. Kawat dibuat lingkaran sesuai diameter yang diinginkan 2. Belitkan sisa kawat pada batang kayu (saya pake sumpit bambu sekali pakai), gunanya supaya tidak membuat tangan melepuh saat dipanaskan ^_^ 3. Beri tanda pada tutup styro box lokasi pelubangan 4. Panaskan lingkaran kawat tadi pada kompor, hingga terlihat merah. 5. Langsung tekan pada styrobox sesuai pola. 6. Tada..lubang lebih rapi dan hanya perlu hitungan detik :) Untuk mendapatkan gambaran jelas, monggo dilihat saja gambarnya :) Selamat mencoba...