Langsung ke konten utama

Kepiting ku sayang, kepitingku malang...

Malem ini pengen makan yang rasa mentega gimana gitu. Tadinya gue kepikiran lamb steak butter sauce di Blok S. Tapi liat jalanan yang macet abis gue batalin aja. Dan berniat ke BobSteak di jalan Bangka Raya ajah,manatau ada butter sauce juga. tapi pas di tanjakan Bangka I gue brubah niat lagi. Akhirnya gue putusin, beli kepiting saus mentega aja. Yang penting kan menteganya.

Akhirnya setelah nunggu si Mbak nya nglayanin pecel lele, kepiting gue mulai di olah. Gue yang biasanya duduk manis sambil baca apapun yang ada di tas gue, berdiri di belakang si mbak dan mulaimengintip cara si mbak masak. Pertama kepitingnya direbus, trus cingkongnya sempat digeprek trus masih dibalikin ke wajan biar tambah mateng. Setelah semua bersih (sempat bagian badannya dibilas air bersih) dan mateng,air rebusannya dibuang,lanjut dengan memasukan mentega ke wajan, sedikit minyak sayur, koseng-koseng, cemplung sejumput daun bawang..wanginya dah mulai meruap nih. Trus dimasukan juga beberapa jenis bumbu yang sudah halus, tuduhan gue sih, bawang putih halus,saus cabe dan saus tomat, dan crot-crot si mbak masukin beberapa kecrot cairan coklat dari botol coklat besar. Pas dbalikin ke tempatnya gue kaget, soalnya di badan botol, terbaca (eh terlihat doang sih secara gue ga bisa baca) aksara mandarin. Duh... sempet melongo beberapa saat sambil berdoa, semoga bukan itu...semoga bukan itu... Gue akhirnya tanya " Mbak yang dibotol itu tadi apa?" Mbaknya yang mulai ngeh,berusaha nenagin," Ang ciu mbak, gapapa koq, itu cuma penyedap. Sejenis Sasah (iya, dia nyebutnya gini) gitu mbak.Semua masakan pake koq mbak"

Gue cuma bisa ambil bungkusan nya trus pergi. Di motor gue masih coba meyakinkan, kalo angciu bukan bahan yang gue maksud. Masih suka ogah rugi sehh. Akhirnya demi masa depan yang sangat depan (akhirat maksudnya), gue langsung ke warnet (makanya bisa ngempi nih),pencet google dan jawabannya cukup jelas. Yup, haram euy.

Yah, kalo karena haram, gue ga termasuk mubadzirah kan ya, buang seporsi kepiting saus mentega yang harum ituh seharga 25rb rupiah (buat yang udah lupa kurs rupiah sekitar EUR 2 lah)?

Hikss..gue makan apah nih...?

Plan selanjutnya, ngasih tau si mbak yang jualannya supaya brenti pake Angciu...

Kira-kira beliau mau denger ga ya?

Komentar

  1. Makanya masak sendiri aja mbak Ingke, untuk memastikan gitu lohh... :)

    BalasHapus
  2. emangnya angciu itu apaan?atau terbuat dari bahan apaan?

    BalasHapus
  3. Wayooowww...:-( Every dish mba Ing, berarti di D'Cost kumaha?

    BalasHapus
  4. Betul Jeng Sri, makanya ngintip juga emang mau nyontek resepnya...=)

    BalasHapus
  5. Ang Ciu itu Arak Merah yang suka di pakai penyedap di masakan-masakan cina. kalo westernnya mungkin suka dikasih sherry, white wine..bener ga Jeng Sri?

    BalasHapus
  6. Nah itu diah Silv..masalahnya katanya ini sudah umum banget digunakan...kayaknya yang muslim aja ga ngerti, apalagi yang ga muslim. Kepedulian terhadap makanan halal zat kurang banget. Kebanyakan taunya yang haram itu BABI doang.
    Salah satu cara mungkin kalo ke mana-mana (termasuk D'Cost) pesen diawal ga pake angciu de es be yah? Tapi wajan bekas nya?
    *bukabukuresepdotcom*

    BalasHapus
  7. Yaaah, Juli San ga bilang-bilang sih..
    Suwer deh ga nyangka trend pake Ang Ciu ini sampe juga ke warung tenda. Kirain cuma Resto Cina berkelas aja yang pake. Di Jepang, apa-apa pake sake ato mirin juga ga?
    *mimpipergikejepang*

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips-tips ikut Medical Check Up buat Muslimah berkerudung

Sabtu kemarin, gue kebagian 'melaksanakan' General Medical Check Up dari kantor di sebuah RS rujukan di deket-deket kantor juga . Secara gue pake kerudung, gue agak was was juga soal pelaksanaanya. Kan masih ada juga yang mempermasalahkan dan ga mau tau soal peserta yang berkerudung. Untuk itu, gue tanya-tanya ke temen-temen yang udah duluan ambil jatahnya. Maka gue siap dengan gamis kaos yang disambung bahan jeans yang lebar, jadi agak selesa (-bahasa nya Datin Siti Nurhaliza nih-) dipake buat lari-lari di treadmill, running shoes dan kerudung ganti, in case aja sih. Tapi ternyata, bukan di bagian treadmill masalahnya, justru di foto thorax yang ribet. Si Bapaknya maksa, supaya kerudungnya di buka aja, soalnya kerudung gue mengandung peniti-peniti. Gue ngerti, dan gue udah menyiasatinya dengan menarik juntaian kerudung berpeniti itu ke leher gue, kan leher gue ga ikutan di photo kan? thorax itu bagian dada aja kan? yang bakal diobserve kira-kiranya paru-paru dan organ lainnya

[Recipe] Lahm Mugalgal

Yup, gara-gara idul adha kemarin dapet kiriman sedikiiiit daging kambing lean dari tetangga depan, jadi deh mraktekin resep yang di dapet dari acara Buletin Siang. Tentu pake acara modifikasi secara itu hari libur, males belanja tambahan bumbu, pake yang ada ajah. Sederhana banget, ya bahannya ya caranya, tapi rasanya cukup enak kata gue, calon bapak plus calon mbah, hehe.. Bahan : Daging kambing, iris tipis Bawang Bombay, iris tipis memanjang Tomat, iris tipis memanjang Cabe ijo (aslinya pake Paprika Hijau), iris tipis memanjang Bumbu : Bawang Putih, geprek, cincang halus Bubuk Kari Bubuk Jintan Bubuk Merica Hitam Garam Gula dikiit Minyak Sayur Dikit untuk menumis. Cara membuat : Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum. Masukkan daging kambing, oseng-oseng sampai daging matang. Masukan bumbu-bumbu secukupnya. Test rasa, kalo ada yang kurang, silakan tambahkan to taste. Terakhir saat semua sdh pas, masukkan irisan tomat dan cabe hijau. Aduk-aduk sebentar. Siap dihidangkan b

Hidroponik - Cara Melubangi Styrofoam

Pernah lihat styrobox untuk tempat ber-hidroponik-ria kan? Awal membuat lubang-lubang seukuran netpot itu saya gunakan pisau roti yang ujungnya tajam dan bergerigi. Tapi selain lama, koq ya tidak rapi. Lihat punya teman-teman koq mulus tepi lubangnya. Alhamdulillah ada yang sudah sharing di group komunitas hidroponik yang saya ikuti. Bahannya ternyata cukup kawat dan kayu saja. Jadi step nya sbb : 1. Kawat dibuat lingkaran sesuai diameter yang diinginkan 2. Belitkan sisa kawat pada batang kayu (saya pake sumpit bambu sekali pakai), gunanya supaya tidak membuat tangan melepuh saat dipanaskan ^_^ 3. Beri tanda pada tutup styro box lokasi pelubangan 4. Panaskan lingkaran kawat tadi pada kompor, hingga terlihat merah. 5. Langsung tekan pada styrobox sesuai pola. 6. Tada..lubang lebih rapi dan hanya perlu hitungan detik :) Untuk mendapatkan gambaran jelas, monggo dilihat saja gambarnya :) Selamat mencoba...