Langsung ke konten utama

Tiga Hari di Jawa Timur

Yaay, akhirnya gue jadi ke Bromo!

De ples aiv olweis bin driming op...de sanrais, wan op de bes in de werd lah

Tiket plesir ke daerah sinih udah dipesan dari januari akhir, sejak dapet bocoran dari temen yang mau kawin eh nikah di Mojokerto.

What a timing! Dia milih waktu yang sangat tepat, buat sekalian jalan-jalan bagi para tetamu resepsi pernikahannya hehe

Pas libur panjang ituh lohh

Eniwei kalo mo di runut dari awal, chaotic moment di awalnya, ga sanggup menghapus pengalaman indah di bromo deh

Cuti tgl 19 terbuang percuma gara-gara ketinggalan pesawat paling paginya AirAsia's Boeing 737-300 kode penerbangan QZ7219.

Bo, meski emang hari itu bandara Soekarno Hatta udah tampak mau pecah dengan barisan uler-uleran yang ngantri, tetep aja gue menyumbang 50% kesalahan yang menyebabkan kami kudu lemah lunglai mendapati kenyataan tepat di depan counter check in.

Dudulz ga sih, pesawat gue jam 6.50, gue sampe jam 6.05 (yang mana tepat waktu counter check in di tutup), kita masih nyante di luar nyari donut buat sarapan Judulnya ngantri di line yang salah ahahaha

"Pak, Bu, jurusan Surabaya sudah tutup 45 menit yang lalu.."

Laki temen gue yang reman banget itu, langsung keluarin jurus-jurus andalan, tapi apa mau dikata, udah telat ya telat, akhirnya kita balik ke rumah temen gue.

Gue masih kasian sih sama petugas AirAsianya, yang harus menampung sumpah serapah beberapa keluarga yang ketinggalan pesawat.

Abis tiket pesawat tersisa adanya yang malem jam 20.45 dan yang paling enggak adalah harganya, 1,030,000/tiket.

Duuh, itu kan jatah sewa mobil di sana kaleee.

Setelah perjuangan temen gue dan lakinya menyambangi segala preman di Gambir, akhirnya jadi juga kita berangkat, tapi ganti moda transportasi, jadi pake kereta ajah, BIMA , berangkat 20.03.08 jam 05 pm, hyuuk...Jangan tanya harganya deh, sakit ati, dapet aja dah syukur.

Alhamdulillah, meski harus ngalami mogok di stasiun kecil sebelum Madiun, kami sampe juga di Mojokerto jam 6.30 Pagi. Telat 2 jam ajah dari perkiraan. Kemudian setelah melalui jajaran abang eh mas-mas becak, kami sampe rumah transit buat gedebukan mandi dan meluncur dengan mobil sewaan ke tempat akad..

Yak, kami ketinggalan moment akad nikah yang dengan sukses sudah selesai dilaksanakan, Barakallah ya temans...

Dasar tetamu pecicilan, setelah salaman, foto-foto dan cicip hidangan, kami segera meluncur kembali ke kota Mojokerto.

Ada itinerary keluarganya Tami, temen gue, dan sekitar ba'da dzuhur..heading tu Pananjakan!

Yang lucu, kalo orang sunda bakal baca Pananjakan, as it is, dengan semua hurufnya dibaca, maka orang jawanya sih mbacanya : Pananja' an.

Setelah melampaui jalan yang terblokir karena longsor, sampe Tosari sudah sore banget, sempet bingung juga pilih-pilih penginapan di desa Tosari itu.

Maksudnya pilihannya sih ga terlalu banyak, tp yang ada juga ga masuk pilihan. Yah, karena sudah gelap, akhirnya kita masuk ke satu penginapan tanpa nama yang bentuknya kayak kos-kosan gue jaman di Bogor dulu dengan tarif 100rb/malam. Ya sudahlah, toh cuman buat bobo sbentaran aja.

Sempet keluar buat beli makan yang mana adanya cuma mie instan, goreng atau rebus, with or without nasi.

Trus sewa jaket 15 rebu perak, untung gue bawa sarung tangan biker gue, jadi ga mesti beli. Lumayan hemat 5rb perak haha.

Udah gitu shalat maghrib dan Isya, bobo deh, kan persiapan buat bangun jam 2 pagi

Untungnya mobil yang kami sewa itu Phanter yang cukup tangguh, iya lah, Nanjak gitu bok. Jadi bisa hemat 250rb uang sewa jeep.

Salah satu alasan kenapa kami milih jalur Tosari, karena via Tosari, mobil bisa masuk sampe lautan pasirnya. Kalo yang masuk via jalur Cemoro Lawang, harap tinggalkan mobil di parkiran, dan segera sewa jeep yang tersedia. Yippie, pinter juga temen gue ituhh, meskipun kalo di Cemoro Lawang sih penginapan dan tempat makannya lebih happening ajah gitu.

Eniwei, kami dibangunin jam 2, cuci muka dan sikat gigi pake air es, iya, bener, air yang keluar dari kerannya duingiiiin buanget. Anaknya temen gue aja, umur 3 taun, sampe menggigil gemetaran.

Berangkat sekitar jam 3, masih 10km dari Lokasi Nonton Sunrise Bareng-nya. Menyusuri jalan kelok-kelok yang bikin ngeri.

Lucunya lagi, pas di Tosari kan kayaknya cuman ada rombongan kecil kami plus sepasang muda-mudi, tapi begitu sampe atas, beuhh, udah kayak pasar.

Dari tempat parkir, kami jalan ke atas, mampir di tukang mie, minum hot Milo, trus buru-buru ke tribun dan duduk manis nungguin sang mentari mulai bangun.

Untung banget kami duduk duluan, sebab beda beberapa menit aja, tempat itu langsung penuh sama orang dari seluruh penjuru dunia. Iya beneran lho. 

Yang gue tangkep dari percakapan (dan teriakan, karena saling mencari di kegelapan) mereka sih, ada yang dari Taiwan (or China or Hongkong), dari Jepang, dari Korea (gue sempat curi-curi pandang sih, mana tau ada So Ji Seop nyempil di antara turis Korea whoohoa, saranghae Oppa Ji Seop), sekeluarga India, sekelompok Jerman, a bunch of Belanda, segerombolan Inggris, dan locals yang banyakan sih logatnya betawi punya. Masih gelap aja udah pada jeprat-jepret, ga tau motret apaan. Eh gue ikutan ding, kan buat ngetes aja, apa kamera kacang gue (kata ujang, kamera kacang  itu merek jepang apa merek mana?), mampu menangkap semburat tipis matahari dalam gelap. Untungnya sih rada bisa lah, walopun blom maksimal, secara gue blom kenal banget kemampuannya. Eniwei,gue duduk di tribun sisi kiri paling atas. Pas dapet momentnya, gue inget, bukannya kalo dah ada matahari itu dah shubuh ya.. Waaa, langsung aja gue ngibrit ke lokasi yang cukup landai, gelar sajadah trus shalat sendiri.

Gue bingung juga, itu orang segitu banyak, apa ga ada yang shalat yah? Mau usul sama PEMDA JaTim ah, biar di Pananjakan situ dibuatin Mushalla Kecil aja.

Well, selesai shalat, tempat gue dah ada yang ngisi, gue muter cari lokasi lain yang memadai. Tapi orang di mana-mana, mana ada yang mau ngalah di saat-saat 'mahal' begitu kan? Akhirnya saat mulai terang, gue ambil aja foto Gunung Batok dengan latar belakang Gunung Semeru. Ada satu spot di luar railing yang kalo kita berdiri di situ, dapet view yang pas banget. Gue sempet sih berpose di spot itu, tapi jadinya ga nyaman, soalnya diantri orang hehe. Makanya Foto gue jadi ada cewe bulenya (see photo : Gue, Bromo dan Bule). Dan gue ga berani take ngulang (saah take ulaang), soalnya ada bapak-bapak yang sudah siap gantiin posisi. Narsis jaya!

Selesainya pertunjukan ditandai munculnya matahari dengan sempurna. Penonton puas  dan segera jalan ke mobil masing-masing menuju lautan pasir. Ada hikmahnya juga ketinggalan pesawat, soalnya menurut info, baru dua hari ini, puncak bromo ga mendung, jadi kalo berangkat sesuai rencana, nonton sunrise tgl 20 dini hari, alamat manyun ga dapet moment kan. Di lautan pasir sempat naik kuda 50rb bulak-balik, naik tangga 255 biji, bikin foto di atas, turun lagi.

Dipikir ga ada kerjaan ya, susah-susah naik turun lagi. Beli T Shirts gambar Bromo buat ponakan dan adek-adek gue. Siap menuju Surabaya.

Alhamdulillah, selalu deh, meskipun berimbas ke itinerary yang jadi acak adul plus budget yang membengkak, Allah selalu punya rencana terbaik. Ya sih Malang jadi ga keubek, dan di Surabaya itu cuma sebentar banget. Tapi dapet hadiah sunrise yang sempurna, siapa berani ngomel?

Dalem perjalanan ke Surabaya pun, karena udah lemes, gerah blom mandi (yikes), mampir makan siang di resto gede yang buat gue sih ga istimewa. Gue pesen nasi krengsengan, maak, manis buanget..! Padahal ga jauh setelah itu, ada resto Rawon Nguling. Walah, salah mampir.

Sempet juga makan duren, tapi ga istimewa juga sih. Masih enakan duren si Kapal di Puncak sini.

Jam 3 an, sampe Surabaya di rumah transit ke 2,  berebut ke kamar mandi, trus leyeh-leyeh. Abis Maghrib, diajak liat Tugu Pahlawan dan makan bebek Goreng di depan BCA, di sekitaran tugu Pahlawan. Itu warung kaki lima yang ruammme banget. Walopun menurut gue mah rasanya biasa aja, Bebek Cak Topa di hanggar sini ga kalah deh. Judul warungnya apa yah, haduh short memory syndrome nih gue, pokoke cari aja BCA dan satu warung yang dikerubungi orang, itulah tempatnya. Sepiring bebek goreng dibandrol 7000perak. Es Jeruk 2500 perak.

Keluar dari situ, nganterin yang empunya rumah pulang, ber say goodbye dan terimakasih, trus ngacir ke Bandara.

Jangan sampe episode Ketinggalan Pesawat terulang lagi deh..Alhamdulillah, sampe Bandara baru jam 9. Pesawatnya retime ke jam 22.45. Keriting di Bandara gapapa lah. Barengan sama artis sinetron cowok yang gue ga tau namanya, tapi rada sok TePe TePe.

Sampe jakarta jam 12 pm..Alhamdulillah glad to back...next destination..Danau Toba!

Komentar

  1. Wahh seruu.. Gw dah pngen bgt k bromo tp msh blm sempet2 neh..

    BalasHapus
  2. bawa pasirnya gak....??? konon pasir Gunung Bromo teh bagus buat tanaman........

    BalasHapus
  3. wuih next destination danau toba? wah jadi rajin jalan2...:P

    BalasHapus
  4. Weitsss........ada yg baru dari Bromo neeeh :-)) Btw, episode ketinggalan pesawat AirAsia hmmm *keterlaluan* hahahahaa....!!!

    BalasHapus
  5. Wah, kalo bisa mah, sebelum ke luar negeri jelajah negeri sendiri dulu, Insya Allah lebih indah koq

    BalasHapus
  6. Hehehe maunya sih mbak, ini mah judulnya, safari walimah, jalan2 after kondangan

    BalasHapus
  7. Emburrrr, kapok deh pokokna Silv..!

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips-tips ikut Medical Check Up buat Muslimah berkerudung

Sabtu kemarin, gue kebagian 'melaksanakan' General Medical Check Up dari kantor di sebuah RS rujukan di deket-deket kantor juga . Secara gue pake kerudung, gue agak was was juga soal pelaksanaanya. Kan masih ada juga yang mempermasalahkan dan ga mau tau soal peserta yang berkerudung. Untuk itu, gue tanya-tanya ke temen-temen yang udah duluan ambil jatahnya. Maka gue siap dengan gamis kaos yang disambung bahan jeans yang lebar, jadi agak selesa (-bahasa nya Datin Siti Nurhaliza nih-) dipake buat lari-lari di treadmill, running shoes dan kerudung ganti, in case aja sih. Tapi ternyata, bukan di bagian treadmill masalahnya, justru di foto thorax yang ribet. Si Bapaknya maksa, supaya kerudungnya di buka aja, soalnya kerudung gue mengandung peniti-peniti. Gue ngerti, dan gue udah menyiasatinya dengan menarik juntaian kerudung berpeniti itu ke leher gue, kan leher gue ga ikutan di photo kan? thorax itu bagian dada aja kan? yang bakal diobserve kira-kiranya paru-paru dan organ lainnya

[Recipe] Lahm Mugalgal

Yup, gara-gara idul adha kemarin dapet kiriman sedikiiiit daging kambing lean dari tetangga depan, jadi deh mraktekin resep yang di dapet dari acara Buletin Siang. Tentu pake acara modifikasi secara itu hari libur, males belanja tambahan bumbu, pake yang ada ajah. Sederhana banget, ya bahannya ya caranya, tapi rasanya cukup enak kata gue, calon bapak plus calon mbah, hehe.. Bahan : Daging kambing, iris tipis Bawang Bombay, iris tipis memanjang Tomat, iris tipis memanjang Cabe ijo (aslinya pake Paprika Hijau), iris tipis memanjang Bumbu : Bawang Putih, geprek, cincang halus Bubuk Kari Bubuk Jintan Bubuk Merica Hitam Garam Gula dikiit Minyak Sayur Dikit untuk menumis. Cara membuat : Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum. Masukkan daging kambing, oseng-oseng sampai daging matang. Masukan bumbu-bumbu secukupnya. Test rasa, kalo ada yang kurang, silakan tambahkan to taste. Terakhir saat semua sdh pas, masukkan irisan tomat dan cabe hijau. Aduk-aduk sebentar. Siap dihidangkan b

Hidroponik - Cara Melubangi Styrofoam

Pernah lihat styrobox untuk tempat ber-hidroponik-ria kan? Awal membuat lubang-lubang seukuran netpot itu saya gunakan pisau roti yang ujungnya tajam dan bergerigi. Tapi selain lama, koq ya tidak rapi. Lihat punya teman-teman koq mulus tepi lubangnya. Alhamdulillah ada yang sudah sharing di group komunitas hidroponik yang saya ikuti. Bahannya ternyata cukup kawat dan kayu saja. Jadi step nya sbb : 1. Kawat dibuat lingkaran sesuai diameter yang diinginkan 2. Belitkan sisa kawat pada batang kayu (saya pake sumpit bambu sekali pakai), gunanya supaya tidak membuat tangan melepuh saat dipanaskan ^_^ 3. Beri tanda pada tutup styro box lokasi pelubangan 4. Panaskan lingkaran kawat tadi pada kompor, hingga terlihat merah. 5. Langsung tekan pada styrobox sesuai pola. 6. Tada..lubang lebih rapi dan hanya perlu hitungan detik :) Untuk mendapatkan gambaran jelas, monggo dilihat saja gambarnya :) Selamat mencoba...